Study Kasus

<<<<<<<<<<<<<Halaman Slalu Di Update>>>>>>>>>>>>>>>

Kami Mengharap Bantuan Pada Teman-teman Sejawat Jika Memiliki Ide-ide Baru bisa Dikirim Kesini Lewat Email Atau Komentar Dibawah!

Semua yang disajikan diHalaman ini  diangkat dari sebuah kasus kelainan gigi dan  mulut sehinggah kita akan lebih memahami secara real di lapangan

Halaman yang Tersembunyi Disini:

  • <Akademic>,berisi tentang Informasi/Materi Pembelajaran Akademisi Pergigian khususnya Perawat GIGI
  • <Promotif/Prefentif & Trik n Tip’s>,Berisi tentang Hal-hal yg berhubungan dengan Usaha prefentif dalam mengatasi masalah kes gilut dan berisi tentang trik-tips pencegahan dini penyakit gilut
  • <Prefentif Lanjutan &Kuratif>,Berisi Tentang hal-hal yang berhubungan dengan Preventif dan Kuratif  dan diangkat dari suatu kejadian nyata untuk ditimbah dan dikaji bersama . ..<Misalkan >kapan gigi itu bisa dibilang bahaya ?

    Nah sekarang bukannya nakut-nakutin, tapi ada pada beberapa orang kasus seperti ini, gigi paling. . . ..  ..<Prefentif Lanjutan &Kuratif>

  • <Rehabilitatif>,Berisi tentang study kasus yang berhubungan dengan Upaya upaya rehabilitatif Kes GIGI dan Mulut spt : Gigi palsu,kawat gigi ,Dental Implant dan . .. . . ..

t_crown3

t_man21

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Tatalaksana frenulum lingualis di kelas: E atau O?

frenulum_norm

Sebagai seorang “anak kecil” dalam dunia kedokteran gigi yang masih berada dalam asuhan almamater, saya seringkali merasa takjub ketika mengobrol dengan kolega orang tua saya yang telah lama berpengalaman sebagai praktisi. Selain keahlian mereka memadukan ilmu dengan penyesuaian di lapangan, hal lain yang tidak kalah menarikya adalah cara mereka menyederhanakan apa yang di kelas dibahas dengan teori nan panjang.

Saya bayangkan pasti mereka akan tertawa jika saya ceritakan, tentang betapa anak-anak preklinik mempermasalahkan hal kecil, suatu huruf dalam istilah.

Ini tentang tatalaksana frenulum lingualis. Ada hal menarik yang dipersoalkan kami di kelas ketika ada presentasi tentang frenektomi. Persoalannya adalah terminologi mana yang benar: frenektomi atau frenotomi?

Secara umum, prosedur untuk membebaskan mukosa dari frenulum disebut frenektomi. Akan tetapi, frenulum lingual tampaknya memiliki keistimewaan jika dibanding dengan frenulum labialis. Selain frenektomi (atau frenotomi, sesuai dengan perdebatan … hahaha) ia memiliki sinonim ankylostomi.

Kita ketahui bahwa pada dasarnya akhiran –otomi (-otomy) pada suatu istilah menunjukkan prosedur bedah yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan prosedur bedah dengan akhiran istilah –ektomi (-ectomy). Pada kenyataannya, frenulum lingualis adalah bangunan anatomis yang di dekatnya terdapat bangunan fragile berupa ductus Wharton dan caruncula sublingualis. Pemotongan frenulum lingualis harus sangat memperhatikan bangunan-bangunan tadi, sehingga cukup dilakukan sedikit insisi, yang penting cukup untuk memfasilitasi mobilitas lidah yang adekuat.

Mungkin praktisi klinis bisa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai persoalan ini, apakah kita harus memakai hurus E atau O untuk menyebutnya dengan tepat.

Sementara itu, bagi yang belum melihat secara langsung pelaksanaan frenektomi (eh … frenotomi) lingual ini, bisa kita lihat youtube video di sini. Ini hanyalah salah satu contoh video dari beberapa video bertema frenectomy yang disediakan youtube.

* terinspirasi dari Atlas Of Cosmetic And Reconstructive Periodontal Surgery dan Atlas of Oral Surgery

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: